Perkembangan Teknologi Komputer di Masa Mendatang


Harizal Iqmal Hasan | 17.30 |

Coba perhatikan kedua gambar diatas. Gambar pertama sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Gambar itu adalah komputer masa kini yang bisa disebut sebagai komputer generasi ke-5, lalu gambar kedua apa ya? Seperti sebuah ruangan?
Memang betul itu adalah sebuah ruangan, tapi tahukah kalian kalau itu adalah komputer generasi pertama yang ukurannya dapat memenuhi ruangan tersebut? Wow???
Dengan volume sebesar 105m3 dan berat lebih dari 30ton, komputer ENIAC yang dibuat tahun 1942 disebut-sebut sebagai komputer generasi pertama.

Dalam kurun waktu setengah abad komputer telah berkembang seperti sekarang. Dalam hal ukuran, sudah mengecil sampai-sampai ada yg dapat masuk ke saku (ponsel). Dalam kecanggihan juga sudah berkembang jauh.

Lalu kira-kira akan seperti apakah komputer di masa mendatang?
Komputer dimasa mendatang bisa jadi memiliki perubahan yang signifikan dari komputer masa kini. Hal ini disebabkan adanya pengembangan prosessor ke berbagai arah, seperti:

1. Chip DSP (Digital Signal Prosessing)


Merupakan jenis chip yang ditujukan secara khusus untuk menangani pemrosesan suara dan video dengan kemampuan pemanipulasian secara cepat, dimasa mendatang chip ini bisa jadi digunakan dalam komputer, misalnya untuk membantu sistem pendengaran manusia.

2. Nano Teknologi


Melalui teknologi ini, atom atau molekul yang berukuran dalam orde nanometer diciptakan sebagai dasar untuk menciptakan mesin berukuran sangat kecil yang digunakan untuk menyimpan data atau melakukan tugas tertentu. Contoh: komputer molekuler, menggunakan molekul untuk menggantikan transistor silikon, sedangkan komputer titik (dot computer) menggunakan sebuah elektron untuk menggantikan transistor.

3. Komputasi Optik


Komputasi dimasa mendatang bisa jadi tidak lagi elektronika melainkan memakai optik atau optoelektronik, dengan demikian cahaya akan menggantikan elektron. Diharapkan komputasi optik dapat memproses ratusan kali lebih cepat dari pada komputer berbasir elektris.

4. Komputasi DNA


Komputasi ini didasarkan kenyataan bahwa informasi DNA dapat ditulis ke setiap molekul DNA. Biochip menggunakan bioteknologi, DNA sintesis dapat dipakai untuk mempresentasikan sejumlah symbol untuk menggantikan sistem biner.

5. Komputasi Kuantum


Komputasi ini didasarkan pada teori mekanika kuantum. Informasi tidak lagi dinyatakan dengan bahasa biner (0 dan 1), melainkan dinyatakan dengan keadaan partikel dasar. Sebagai contoh atom-atom hidrogen dapat dibuat untuk membentuk saklar hidup atau mati seperti transistor pada komputer konvensional dengan memindahkan keadaan energi rendah (menyatakan nilai mati) ke keadaan energi tinggi (menyatakan nilai hidup).

Itulah beberapa kemungkinan pengembangan komputer (prosessor) dimasa mendatang.

Sumber Klik disisni
 

0 komentar:

Poskan Komentar